Please assign a menu to the primary menu location under menu

Jakarta. IQRA.ID – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melalui Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam), akan menggelar Muktamar Pemikiran NU di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, pada 1-3 Desember 2023. Tema besar yang diusung di Muktamar ini yaitu Imagining the Future Society (Memimpikan Masyarakat Masa Depan).

Rumadi Ahmad selaku Steering Committee (SC) Muktamar Pemikiran NU 2023, mengatakan pembahasan utama dalam forum Muktamar Pemikiran NU adalah mendiskusikan dan membahas tentang masyarakat.

“Di dalam muktamar ini, kita fokus berbicara mengenai masyarakat. Meskipun kita tahu perkembangan industri dan bisnis mempengaruhi masyarakat. Tapi, fokus kita adalah masyarakat,” kata Rumadi dalam konferensi pers di Lobi Gedung PBNU Jalan Kramat Raya 164 Jakarta, Kamis (30/11/2023) Sore.

Lebih lanjut, selain membahas mengenai Imagining the Future Society, Muktamar Pemikiran NU 2023 juga akan ada Panel sesi 1, Diskusi paralel, Pleno II dan Malam Kebudayaan di hari kedua.

Pada sesi diskusi paralel, Muktamar NU 2023 setidaknya ada 5 kelas: Kelas pertama mendiskusikan mengenai Pendekatan Agama. Kelas pertama ini akan menghadirkan sejumlah narasumber seperti Gus Ulil Abshar Abdalla, Kiai Marzuki Wahid, Maya Dina, Dr. Phil. Sahiron, M.A., Achmad Munjid dan Dr. Aksin Wijaya

Kelas kedua membahas terkait dengan Pendekatan SDM dan Pendidikan yang mengadirkan Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag., KH. Abdul Ghoffar Rozin, Dr. Dianta Sebayang, S.IP, M.E, CIERM, CIFM, CILC, Abdur Rahman Hasbi, Rumtini Ph.D, Ufi Ulfia, sebagai narasumber.

Pendekatan Teknologi dan Media Sosial akan menjadi fokus pembahasan pada kelas ketiga, dengan narasumber sebagai berikut: Hasanudin Ali, Savic Ali, Waizly Darwin, Husein Ja’fa Hadar, Tri Mumpuni Wiyatno dan Hartono, S.T., M.

Kelas keempat oleh narasumber Prof. Dr. Rumadi Ahmad, Dr. Abdul Gaffar Karim, MA, Prof. Ahmad Erani Yustika, S.E.,M.Sc.,Ph.D, Athia Yumna, Ah Maftuchan yang akan fokus mendiskusikan persoalan Pendekatan Ekonomi dan Politik.

Pendekatan Budaya menjadi fokus pembahasan di kelas kelima dengan ditemani narasumber hebat seperti Dr. Ahmad Suaedy MA. Hum., Maria Fauzi, Cicik Farcha Assegaf, Kiai M. Jadul Maula, Virdika Rizky Utama, Aef Syaifuddin.

Sementara itu malam kebudayaan pada Muktamar NU 2023 akan diisi Pencak Silat, Akustik, Hadroh Karawang dan Sosiawan Leak (Baca Puisi).

Leave a Response