Please assign a menu to the primary menu location under menu

Doa setelah Wudhu latin dan artinya ditampilkan berikut ini. Doa wudhu dianjurkan untuk dibaca agar yang membaca benar-benar memperoleh kebersihan dan kesucian lahir batin.

Wudhu adalah salah ibadah bersuci untuk menghilangkan hadats kecil menggunakan air. Menurut madzhab Syafi’i, rukun wudhu dimulai dengan niat ketika membasuh wajah, membasuh wajah, membasuh kedua tangan hingga siku, mengusap sebagian kepala, membasuh kedua kaki hingga tumit, dan tartib (berurutan).

Berikut ini bacaan doa setelah Wudhu lengkap dengan teks Arab, latin dan artinya sesuai sunnah shahih:

Latin:

Asy-hadu alla ilaaha illallah wahdahu laa syarikalah wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasuluh.

Allahummaj’alnii minattawwaabiina waj’alnii minal mutathohhiriin.

Artinya: “Aku bersaksi bahwasanya tiada sesembahan yang benar kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwasanya Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya.” (H.R. Muslim)

“Ya Allah, jadikanlah aku hamba yang bertaubat dan jadikanlah aku sebagai orang yang bersuci.” (H.R. Tirmidzi)

Doa Setelah Wudhu

Perintah Wudhu

Dasar perintah wudhu terdapat dalam Al-Qur’an, di antaranya yang disebutkan pada Surat Al-Maidah ayat 6:

Artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur.”

Leave a Response