Berikut ini beberapa bacaan doa agar hati tenang, pikiran tenang, tidak cemas, tidak gelisah, tidak resah, dan diberi kemudahan dalam menjalani permasalahan hidup.

Latin: Allahumma musharrifal qulub, sharrif qulubana ila tha‘atika.

Artinya: “Ya Allah, Dzat yang mengurus seluruh hati, arahkanlah hati kami terhadap ketaatan kepada-Mu.” (HR. Muslim).

Latin: Allahumma inni as aluka nafsaan bika muthmainnah, tu’minu biliqaika, watardha biqadhaika wataqna’u bi’athaika.

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepada-Mu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridha dengan ketetapanMu, dan yang merasa cukup dengan pemberian-Mu.”

Latin: Rabbisyrahli shadri wayassirla amri wahlul ‘uqdatam mil-lisani yafqahu qauli.

Artinya: “Ya Tuhan, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah segala urusanku, dan lepaskanlah kekakuan lidahku, agar mereka mengerti perkataanku.” (Q.S. Thaha, 25-27)

Latin: Allahumma Inni a’udzubika minal hammi wal huzni, wal ‘ajzi, wal kasali, wal bukhli, wal jubni, wal dhola’id daini, wa gholabatir rijali.

Artinya: “Ya Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dari rasa sedih serta duka cita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kelemahan, dari kebakhilan serta sifat pengecut, dan beban hutang serta tekanan orang-orang (jahat).”

Latin: Ya muqallibal qulub tsabbit qalbi ‘ala dinika.

Artinya: “Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati, tetapkanlah hatiku di atas agama-Mu.” (HR. al-Nasa’i, Tirmudzi).

Demikian doa agar hati tenang sebagaimana yang diajarkan oleh ulama di dalam Al-Qur’an dan Sunnah. Semoga hati kita selalu diberi petunjuk oleh Allah di jalan kebaikan. Amin. (M. Zidni Nafi’)

Leave a Response