Berikut ini bacaan doa buka puasa bulan Ramadhan sesuai sunnah yang berbunyi Dzahabaz Zhama’u Wabtallatil ‘Uruqu dan seterusnya. Doa ini merupakan ajaran Nabi Muhammad Saw. kepada umatnya ketika menjalani ibadah puasa.

Doa adalah salah satu ciri orang mukmin. Ciri ini melekat sebab dalam setiap bacaan doa pasti mengandung harapan, permohonan, dan permintaan yang sungguh-sungguh dari seorang hamba kepada Allah.

Selain itu, bagi kita sebagai manusia yang tidak lepas dari dosa, lemah, dan butuh pertolongan, sehingga kita pasti membutuhkan Allah untuk mengabulkan berbagai kebutuhan dan keinginan.

Kita perlu ketahui bahwa ada beberapa hikmah apabila kita membaca doa berbuka puasa.

Pertama, sebagai wujud untuk menandakan bahwa ketika waktu magrib sudah tiba, maka kita harus segera membatalkan (ifthar) puasa.

Kedua, berdoa sebagai tanda syukur bahwa kita telah menjalani puasa selama seharian penuh, khususnya melewati berbagai godaan dan ujian selama berpuasa.

Ketiga, sebagai bentuk untuk menambah keberkahan puasa kita, sebab berbuka puasa merupakan hal yang paling nikmat bagi umat Muslim.

Keempat,  sebagai cara untuk memohon kepada Allah puasa dan amal ibadah kita diterima.

Berikut ini bacaan doa buka puasa sesuai sunnah Nabi Muhammad lengkap Arab, latin dan artinya.

Latin: Dzahabaz Zhama’u Wabtallatil ‘Uruqu wa Tsabatal Ajru Insyaallah.

Artinya: “Telah hilang rasa haus, dan urat-urat telah basah, serta pahala telah tetap, insya Allah.” (H.R. Abu Dawud: 2357)

dzahabazh zhoma’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru insya allah

Selain doa ini, Rasul juga mengajarkan doa berbuka puasa sebagaimana bacaan berikut:

Latin: Allahumma laka shumtu wa ‘ala rizqika afthartu.

Artinya: “Tuhanku, hanya untuk-Mu aku berpuasa. Dengan rezeki-Mu aku membatalkannya.” (H.R. Abu Dawud: 2358)

Demikian doa berbuka puasa sesuai sunnah. Semoga segala amal ibadah kita selama Ramadhan ini mendapatkan keberkahan dari Allah. Amin. (MZN)

Topik Terkait: #doa

Leave a Response