Please assign a menu to the primary menu location under menu

Pondok Pesantren Daarul Rahman berlokasi di Jl. Purwa Raya I, RT.7/RW.6, Cipedak, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12630. Berikut profil lengkapnya.

Pondok pesantren Daarul Rahman adalah salah satu lembaga Pendidikan Islam, tempat mendidik pemuda/i belajar ilmu agama (pelajaran pokok) dan ilmu pengetahuan umum (sebagai pelengkap). Pondok ini didirikan oleh KH. Syukron Ma’mun dengan dibantu kawan-kawannya.

Mula-mula datang bebempa santri yang ingin belajar agama; semakin hari santri semakin banyak, lalu timbul inisiatif untuk mendirikan pondok/asrama di dekat rumah kyai.

Makin hari makin banyaklah pondok atau asrama yang berdiri sesuai dengan jumlah banyaknya santri yang ada, sehingga tempat tersebut dinamakan pondok pesantren, karena penghuninya adalah para santri yang ingin belajar menuntut ilmu agama Islam dari kyai.

Pada zaman dahulu kyai tidak merencanakan bagaimana membangun pondoknya itu, yang terpikir hanyalah bagaimana mengajarkan ilmu agama supaya dapat dipahami dan dimengerti oleh santri.

K.H. Abdul Qodir Rahman

K.H. Antung Ghozali

K.H. Syukron Ma’mun

K.H. Masyhuri Baidlowi

Visi

Menjunjung tinggi syariat islam dengan berpegang teguh ajaran ahlu sunnah wal jamaah (aswaja)

Misi

Sebagai salah satu institusi pendidikan keagamaan, maka pondok pesantren Daarul-Rahman merasa berkewajiban untuk berperan serta membangun masa depan bangsa khususnya umat islam.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Pondok Pesantren Daarul-Rahman dalam pelaksanaan pendidikannya menggunakan sistem kurikulum terpadu antara sistem modern Gontor ponorogo dengan sistem pondok pesantren salafiah ( tradisional ), yang lebih mengutamakan bahasa arab dan bahasa inggris serta penekanan pada pemahaman pengkajian kitab-kitab kuning.

Sistem Rolling merupakan proses perpindahan santri dari kampus Daarul Rahman I Jakarta ke kampus Daarul Rahman II Bogor atau sebaliknya, yang dilaksanakan pada awal tahun ajaran baru. Proses perpindahan ini didasarkan pada hasil nilai akhir semester. Penilaian akhir semester inilah yang berimplikasi pada penempatan kelas dan pada akhirnya berimbas pada penempatan lokasi kampus, Jagakarsa atau Leuwiliang.

Salah satu tujuan dari proses perpindahan ini adalah menumbuhkan jiwa sosial santri dan menambah jangkauan relasi agar semakin luas. Disamping itu, santri diharapkan lebih terlatih untuk beradaptasi dengan lingkungan dan teman yang baru. Proses perpindahan ini dilaksanakan di awal tahun ajaran baru, dan diikuti oleh seluruh santri setelah ada SK kenaikan kelas.

Formal

Non Formal

Demikian profil Pondok Pesantren Daarul Rahman Jakarta. Semoga bermanfaat. (AL)

 

Sumber: https://pp-daarulrahman.sch.id/

 

Leave a Response